Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Siagakan Personil Antisipasi Kondisi Emergency Arus Lebaran

Artikel

Guna mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan siaga arus mudik dan balik pada Lebaran 2018, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan( Basarnas ) Semarang melaksanakan Siaga SAR Khusus angkutan lebaran tahun 2018 dari tanggal 7 hingga 24 Juni 2018.

Sebanyak 128 personil disiagakan di beberapa titik antara lain di tol Pemalang, area Semarang, Jepara, surakarta, cilacap dan wonosobo serta Kapal 40 meter yang disiagakan di pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Rigid Inflatable Boat di Batang.

Kepala Basarnas Jateng Noer Isrodin Muchlisin mengungkapkan bahwa siaga SAR tersebut digelar sebagai kesiapsiagaan Basarnas dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas darat, udara dan laut yang membutuhkan penanganan khusus dalam penyelenggaraan Siaga SAR Angkutan Lebaran dan antisipasi di daerah wisata.

“Siaga ini kami gelar untuk menjamin keselamatan arus mudik Lebaran dan menekan jumlah korban jiwa bila terjadi sesuatu diluar dugaan, seperti kecelakaan, sehingga tim siaga kami bekali  dengan kemampuan Medical First Responder atau pertolongan pertama serta kemampuan Vehicle Accident Rescue” ungkap Noer Isrodin.

“Selain itu kami juga melaksanakan siaga Rescue Mobile atau patroli bergerak yang dilengkapi peralatan extrikasi antisipasi bila nanti ada kecelakaaan lalulintas, serta siaga Helikopter yang kami tempatkan di Kalikangkung Semarang. Helikopter itu juga nantinya akan melakukan patroli disepanjang jalur pantura” sambung Noer.

Sementara itu Direktur Operasi Basarnas, Brigjen TNI  (Mar) Bambang Suryo mengungkapkan bahwa salah satu titik rawan kemacetan adalah di kalikuto Gringsing Batang.

“Disana pemudik yang lewat tol fungsional Batang-Semarang harus keluar dulu masuk ke jalur pantura kemudian masuk tol fungsional lagi di Weleri, sehingga akan terjadi penumpukan disana” ungkap Bambang.

Memang pada saat pemantauan udara yang dilakukan, dan dilakukan langsung oleh Direktur Operasi,  jembatan tol Kalikuto belum rampung digarap sehingga belum bisa dilalui.

Basarnas Jateng juga membuka akses telepon untuk memudahkan masuknya informasi penanganan kejadian kecelakaan. Masyarakat dapat menghubungi call canter (024) 7629192 Ext 0, Fax 7629189 atau nomor darurat (024) 115. Jasa pelayanan SAR yang diberikan gratis tidak di pungut biaya.

“Harapan kami, Semoga perjalanan mudik lancar, pemudik selamat sampai tujuan masing- masing, dan atas nama Basarnas Jateng, kami mengucapkan Minal Aidin Wal Faidin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Salam AVIGNAM JAGAD SAMAGRAM.” tutup Noer

(Zul)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel
Penandatanganan PKS Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang dan POLDA JATENG

Guna meningkatkan penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan/SAR, khususnya dalam kelancaran dan keberhasilan operasi SAR, Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menjalin kerjasama dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng). Kerjasama yang merupakan lanjutan dari Memorandum Of Understanding (MoU)/Nota Kesepahaman antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan/Basarnas dengan Kepolisian Republik Indonesia/Polri tersebut tertuang …